KURIKULUM

INSTRUMEN VERIFIKASI KURIKULUM OPERASIONAL SATUAN PENDIDIKAN (KOSP)

 INSTRUMEN VERIFIKASI



KURIKULUM OPERASIONAL SATUAN PENDIDIKAN (KOSP)

SMK WILAYAH PASURUAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Nama Sekolah : …………………………………………………..

Nama Kepala Sekolah : …………………………………………………..

Alamat Sekolah : …………………………………………………..

Kabupaten / Kota : Pasuruan

 

No.

Komponen KOSP

Indikator Komponen KOSP

Kriteria Dokumen

Hasil Observasi

Tidak Ada (0)

Ada sebagian (1)

Lengkap (2)

Kendala

Solusi

Tindak Lanjut

1.

Karakteristik Satuan Pendidikan

Keunikan sekolah dalam hal peserta didik

 

 

 

 

 

 

1. Informasi letak geografis sekolah

 

 

-

-

-

2. Informasi kekhasan yang menjadi input peserta didik sekolah

 

 

-

-

-

3. Informasi latar belakang pekerjaan/pendidikan orang tua

 

 

-

-

-

Sosial dan budaya

 

 

 

 

 

 

1. Informasi peran satuan pendidikan sebagai bagian dari masyarakat sekitar

 

 

-

-

-

2. Informasi dampak yang dirasakan saat ini oleh warga masyarakat atau warga satuan pendidikan itu sendiri

 

 

-

-

-

Siswa (S), Guru (G) dan Tenaga Kependidikan (TK)

 

 

 

 

 

 

1. Jumlah (S, G, TK)

 

 

-

-

-

2. Status Kepegawaian (G,TK)

 

 

-

-

-

3. Jenjang Pendidikan, (G, TK)

 

 

-

-

-

4. Rombel dan Program Keahlian (S)

 

 

-

-

-

Sarana dan Prasarana

 

 

 

 

 

 

1. Ruang Kelas

 

 

-

-

-

2. Ruang Praktikum

 

 

-

-

-

3. Ruang Guru

 

 

-

-

-

4. Ruang Kepala dan Wakil

 

 

-

-

-

5. Ruang Pertemuan/Aula

 

 

-

-

-

6. Lapangan Upacara/Olah Raga

 

 

-

-

-

7. Toilet

 

 

-

-

-

8. Area Terbuka Lainnya

 

 

-

-

-

Karakteristik Program Keahlian

 

 

 

 

 

 

1. Informasi kekhususan Program Keahlian yang dimiliki

 

 

-

-

-

2. Potensi lulusan untuk mengisi jabatan pekerjaan/okupasi sesuai dengan program keahlian

 

 

Perubahan data yang dinamis

-

-

Data Mitra Industri Pasangan

 

 

 

 

 

 

1. Informasi data mitra industri pasangan meliputi : Nama Industri, Alamat, Bidang Kerja

 

 

-

-

-

2. Kemungkinan Jumlah Alumni dari SMK yang dapat diserap

 

 

Industri tidak berani menjanjikan keterserapan

-

-

 

 

 

 

 

 

 

2.

Visi, Misi dan Tujuan

Visi Satuan Pendidikan

 

 

 

 

 

 

 

 

1. Visi menggambarkan peserta didik menjadi tujuan jangka panjang sekolah

 

 

-

-

-

 

 

2. Nilai-nilai yang mendasari penyenggaraan pembelajaran agar peserta didik mencapai Profil Pelajar Pancasila

 

 

Profil Pelajar Pancasila belum tertuang secara eksplisit

-

-

 

 

Misi Satuan Pendidikan

 

 

 

 

 

 

 

 

1. Menunjukkan bahwa misinya menjawab bagaimana sekolah mencapai Visi

2. Nilai-nilai penting yang dipatuhi atau dipegang selama menjalankan misi

 

 

-

-

-

 

 

Tujuan Satuan Pendidikan

 

 

 

 

 

 

 

 

1. Tujuan akhir kurikulum yang berdampak kepada peserta didik (misalnya Target : ..% Bekerja, ..% Wirausaha, ..% Melanjutkan)

 

 

Prosentase target belum tertuang secara eksplisit

-

-

 

 

Tujuan Program Keahlian

 

 

 

 

 

 

 

 

1. Tujuan fokus kepada peserta didik

 

 

-

-

-

 

 

2. Tujuan spesifik, terukur, dapat dicapai dalam jangka waktu tertentu. (SMART: Specific, Measurable, Achievable, Relevant, Time Bound)

 

 

Belum menngacu pada SMART: Specific, Measurable, Achievable, Relevant, Time Bound.

-

-

 

 

3. Menjadikan Profil Pelajar Pancasila sebagai prinsip utama tiap program pembelajaran

 

 

Profil Pelajar Pancasila belum tertuang secara eksplisit pada semua program keahlian

-

-

2.

Pengorganisasian Pembelajaran

Intrakurikuler

 

 

 

 

 

 

1. Struktur Kurikulum dan penjelasan Mata Pelajaran, setiap Program Keahlian

 

 

-

-

-

2. Alokasi waktu mata pelajaran umum dan mata pelajaran kejuruan

 

 

-

-

-

3. Capaian Pembelajaran Kelompok mata pelajaran umum dan kejuruan

 

 

-

-

-

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

 

 

 

 

 

 

1. Rencana pelaksanaan P5 Tema Wajib dan Tema Pilihan

 

 

-

-

-

2. Menyediakan waktu khusus untuk peserta didik menampilkan hasil proyek melalui pameran atau pertunjukan atau gelar karya

 

 

-

-

-

Praktik Kerja Lapangan (PKL)

 

 

 

 

 

 

1. Jadwal pelaksanaan PKL (perencanaan, pelaksanaan, penilaian, monitoring dan evaluasi)

 

 

-

-

-

Program Ekstrakurikuler

 

 

 

 

 

 

1. Pilihan program ekstrakurikuler

 

 

-

-

-

 

 

2. Melibatkan guru dan narasumber profesional dalam melatih keterampilan tertentu

 

 

-

-

-

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.

Rencana Pembelajaran

Informasi Capaian Pembelajaran (CP)

 

 

 

 

 

 

1. Mata Pelajaran Umum

 

 

 

 

 

2. Mata Pelajaran Kejuruan

 

 

 

 

 

3. Mata Pelajaran Pilihan

 

 

 

 

 

4. PKK

 

 

 

 

 

5. PKL

 

 

 

 

 

Informasi Tujuan Pembelajaran (TP) Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

 

 

 

 

 

 

1. Mata Pelajaran Umum

 

 

 

 

 

2. Mata Pelajaran Kejuruan

 

 

 

 

 

3. Mata Pelajaran Pilihan

 

 

 

 

 

4. PKK

 

 

 

 

 

5. PKL

 

 

 

 

 

Informasi Modul Ajar, Buku Teks, dan kelengkapannya

 

 

 

 

 

 

1. Mata Pelajaran Umum

 

 

-

-

-

2. Mata Pelajaran Kejuruan

 

 

-

-

-

3. Mata Pelajaran Pilihan

 

 

-

-

-

4. PKK

 

 

-

-

-

Informasi Peraturan Akademik 

 

 

 

 

 

 

1. Asesmem

 

 

-

-

-

2. Kenaikan Kelas

 

 

-

-

-

3. Kelulusan

 

 

-

-

-

Kalender Akademik

 

 

-

-

-

 

 

 

 

 

 

 

Program Fase (Prota, Promes)

 

 

 

 

 

 

1. Program Tahunan

 

 

-

-

-

2. Program Semester

 

 

-

-

-

Jadwal Pembelajaran

 

 

 

 

 

 

1. Reguler

 

 

-

-

-

2. Blok

 

 

Tidak menggunakan pembelajaran Blok

-

-

4

Pendampingan, evaluasi dan pengembangan

Profesional

Pendampingan

 

 

 

 

 

 

1. Oleh Pendidik

 

 

-

-

-

2. Oleh Dunia Kerja

 

 

-

-

-

Evaluasi 

 

 

 

 

 

 

1. Pembelajaran

 

 

-

-

-

2. Kurikulum

 

 

-

-

-

Pengembangan Profesional

 

 

 

 

 

 

1. Sertifikasi Pendidik

 

 

Informasi kurang detai (jumlah guru yg sdh sertifkasi & yg belum)

-

-

2. Pendidikan Formal

 

 

-

-

-

3. Pendidikan dan Latihan

 

 

-

-

-

4. Magang Guru/Industri

 

 

-

-

-

5. Guru Penggerak

 

 

-

-

-

5

Daftar Pustaka

Daftar Pustaka yang relevan

 

 

-

-

-

6

Lampiran

Lampiran

 

 

-

-

-

 

Rekomendasi  :

.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

 

 

 

Pasuruan, ..........................2023

Pengawas Pembina

 

 

 

                                                      

NIP. ……………………………..

 

 

 

 

 

 

 

About MEDIA SMK DARUT TAQWA

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.