KURIKULUM OPERASIONAL SATUAN PENDIDIKAN (KOSP)
SMK WILAYAH PASURUAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Nama Sekolah : …………………………………………………..
Nama Kepala Sekolah : …………………………………………………..
Alamat Sekolah : …………………………………………………..
Kabupaten / Kota : Pasuruan
No. | Komponen KOSP | Indikator Komponen KOSP | Kriteria Dokumen | Hasil Observasi | |||||
Tidak Ada (0) | Ada sebagian (1) | Lengkap (2) | Kendala | Solusi | Tindak Lanjut | ||||
1. | Karakteristik Satuan Pendidikan | Keunikan sekolah dalam hal peserta didik |
|
|
|
|
|
| |
1. Informasi letak geografis sekolah |
|
| √ | - | - | - | |||
2. Informasi kekhasan yang menjadi input peserta didik sekolah |
|
| √ | - | - | - | |||
3. Informasi latar belakang pekerjaan/pendidikan orang tua |
|
| √ | - | - | - | |||
Sosial dan budaya |
|
|
|
|
|
| |||
1. Informasi peran satuan pendidikan sebagai bagian dari masyarakat sekitar |
|
| √ | - | - | - | |||
2. Informasi dampak yang dirasakan saat ini oleh warga masyarakat atau warga satuan pendidikan itu sendiri |
|
| √ | - | - | - | |||
Siswa (S), Guru (G) dan Tenaga Kependidikan (TK) |
|
|
|
|
|
| |||
1. Jumlah (S, G, TK) |
|
| √ | - | - | - | |||
2. Status Kepegawaian (G,TK) |
|
| √ | - | - | - | |||
3. Jenjang Pendidikan, (G, TK) |
|
| √ | - | - | - | |||
4. Rombel dan Program Keahlian (S) |
|
| √ | - | - | - | |||
Sarana dan Prasarana |
|
|
|
|
|
| |||
1. Ruang Kelas |
|
| √ | - | - | - | |||
2. Ruang Praktikum |
|
| √ | - | - | - | |||
3. Ruang Guru |
|
| √ | - | - | - | |||
4. Ruang Kepala dan Wakil |
|
| √ | - | - | - | |||
5. Ruang Pertemuan/Aula |
|
| √ | - | - | - | |||
6. Lapangan Upacara/Olah Raga |
|
| √ | - | - | - | |||
7. Toilet |
|
| √ | - | - | - | |||
8. Area Terbuka Lainnya |
|
| √ | - | - | - | |||
Karakteristik Program Keahlian |
|
|
|
|
|
| |||
1. Informasi kekhususan Program Keahlian yang dimiliki |
|
| √ | - | - | - | |||
2. Potensi lulusan untuk mengisi jabatan pekerjaan/okupasi sesuai dengan program keahlian |
| √ |
| Perubahan data yang dinamis | - | - | |||
Data Mitra Industri Pasangan |
|
|
|
|
|
| |||
1. Informasi data mitra industri pasangan meliputi : Nama Industri, Alamat, Bidang Kerja |
|
| √ | - | - | - | |||
2. Kemungkinan Jumlah Alumni dari SMK yang dapat diserap |
| √ |
| Industri tidak berani menjanjikan keterserapan | - | - | |||
|
|
|
|
|
|
| |||
2. | Visi, Misi dan Tujuan | Visi Satuan Pendidikan |
|
|
|
|
|
| |
|
| 1. Visi menggambarkan peserta didik menjadi tujuan jangka panjang sekolah |
|
| √ | - | - | - | |
|
| 2. Nilai-nilai yang mendasari penyenggaraan pembelajaran agar peserta didik mencapai Profil Pelajar Pancasila |
| √ |
| Profil Pelajar Pancasila belum tertuang secara eksplisit | - | - | |
|
| Misi Satuan Pendidikan |
|
|
|
|
|
| |
|
| 1. Menunjukkan bahwa misinya menjawab bagaimana sekolah mencapai Visi 2. Nilai-nilai penting yang dipatuhi atau dipegang selama menjalankan misi |
|
| √ | - | - | - | |
|
| Tujuan Satuan Pendidikan |
|
|
|
|
|
| |
|
| 1. Tujuan akhir kurikulum yang berdampak kepada peserta didik (misalnya Target : ..% Bekerja, ..% Wirausaha, ..% Melanjutkan) |
| √ |
| Prosentase target belum tertuang secara eksplisit | - | - | |
|
| Tujuan Program Keahlian |
|
|
|
|
|
| |
|
| 1. Tujuan fokus kepada peserta didik |
|
| √ | - | - | - | |
|
| 2. Tujuan spesifik, terukur, dapat dicapai dalam jangka waktu tertentu. (SMART: Specific, Measurable, Achievable, Relevant, Time Bound) |
| √ |
| Belum menngacu pada SMART: Specific, Measurable, Achievable, Relevant, Time Bound. | - | - | |
|
| 3. Menjadikan Profil Pelajar Pancasila sebagai prinsip utama tiap program pembelajaran |
| √ |
| Profil Pelajar Pancasila belum tertuang secara eksplisit pada semua program keahlian | - | - | |
2. | Pengorganisasian Pembelajaran | Intrakurikuler |
|
|
|
|
|
| |
1. Struktur Kurikulum dan penjelasan Mata Pelajaran, setiap Program Keahlian |
|
| √ | - | - | - | |||
2. Alokasi waktu mata pelajaran umum dan mata pelajaran kejuruan |
|
| √ | - | - | - | |||
3. Capaian Pembelajaran Kelompok mata pelajaran umum dan kejuruan |
|
| √ | - | - | - | |||
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila |
|
|
|
|
|
| |||
1. Rencana pelaksanaan P5 Tema Wajib dan Tema Pilihan |
|
| √ | - | - | - | |||
2. Menyediakan waktu khusus untuk peserta didik menampilkan hasil proyek melalui pameran atau pertunjukan atau gelar karya |
|
| √ | - | - | - | |||
Praktik Kerja Lapangan (PKL) |
|
|
|
|
|
| |||
1. Jadwal pelaksanaan PKL (perencanaan, pelaksanaan, penilaian, monitoring dan evaluasi) |
|
| √ | - | - | - | |||
Program Ekstrakurikuler |
|
|
|
|
|
| |||
1. Pilihan program ekstrakurikuler |
|
| √ | - | - | - | |||
|
| 2. Melibatkan guru dan narasumber profesional dalam melatih keterampilan tertentu |
|
| √ | - | - | - | |
|
|
|
|
|
|
|
|
| |
3. | Rencana Pembelajaran | Informasi Capaian Pembelajaran (CP) |
|
|
|
|
|
| |
1. Mata Pelajaran Umum | √ |
|
|
|
|
| |||
2. Mata Pelajaran Kejuruan | √ |
|
|
|
|
| |||
3. Mata Pelajaran Pilihan | √ |
|
|
|
|
| |||
4. PKK | √ |
|
|
|
|
| |||
5. PKL | √ |
|
|
|
|
| |||
Informasi Tujuan Pembelajaran (TP) Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) |
|
|
|
|
|
| |||
1. Mata Pelajaran Umum | √ |
|
|
|
|
| |||
2. Mata Pelajaran Kejuruan | √ |
|
|
|
|
| |||
3. Mata Pelajaran Pilihan | √ |
|
|
|
|
| |||
4. PKK | √ |
|
|
|
|
| |||
5. PKL | √ |
|
|
|
|
| |||
Informasi Modul Ajar, Buku Teks, dan kelengkapannya |
|
|
|
|
|
| |||
1. Mata Pelajaran Umum |
|
| √ | - | - | - | |||
2. Mata Pelajaran Kejuruan |
|
| √ | - | - | - | |||
3. Mata Pelajaran Pilihan |
|
| √ | - | - | - | |||
4. PKK |
|
| √ | - | - | - | |||
Informasi Peraturan Akademik |
|
|
|
|
|
| |||
1. Asesmem |
|
| √ | - | - | - | |||
2. Kenaikan Kelas |
|
| √ | - | - | - | |||
3. Kelulusan |
|
| √ | - | - | - | |||
Kalender Akademik |
|
| √ | - | - | - | |||
|
|
|
|
|
|
| |||
Program Fase (Prota, Promes) |
|
|
|
|
|
| |||
1. Program Tahunan |
|
| √ | - | - | - | |||
2. Program Semester |
|
| √ | - | - | - | |||
Jadwal Pembelajaran |
|
|
|
|
|
| |||
1. Reguler |
|
| √ | - | - | - | |||
2. Blok | √ |
|
| Tidak menggunakan pembelajaran Blok | - | - | |||
4 | Pendampingan, evaluasi dan pengembangan Profesional | Pendampingan |
|
|
|
|
|
| |
1. Oleh Pendidik |
|
| √ | - | - | - | |||
2. Oleh Dunia Kerja |
|
| √ | - | - | - | |||
Evaluasi |
|
|
|
|
|
| |||
1. Pembelajaran |
|
| √ | - | - | - | |||
2. Kurikulum |
|
| √ | - | - | - | |||
Pengembangan Profesional |
|
|
|
|
|
| |||
1. Sertifikasi Pendidik | √ |
|
| Informasi kurang detai (jumlah guru yg sdh sertifkasi & yg belum) | - | - | |||
2. Pendidikan Formal | √ |
|
| - | - | - | |||
3. Pendidikan dan Latihan | √ |
|
| - | - | - | |||
4. Magang Guru/Industri | √ |
|
| - | - | - | |||
5. Guru Penggerak | √ |
|
| - | - | - | |||
5 | Daftar Pustaka | Daftar Pustaka yang relevan |
|
| √ | - | - | - | |
6 | Lampiran | Lampiran |
|
| √ | - | - | - |
Rekomendasi :
.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Pasuruan, ..........................2023
Pengawas Pembina
NIP. ……………………………..
0 komentar:
Post a Comment